Fachriars's Site

Depkominfo Kemakom IlkomUPI Bandung Majalengka

RANGKUMAN KONSEP TEKNOLOGI

  1. Percepatan Teknologi

Beberapa definisi

             Teknologi adalah suatu cabang antropologi budaya yang berhubungan dengan studi terhadap kebudayaan materi. Hal ini lebih dimaksudkan sebagai proses-proses manusia dalam menangani dan mengendalikan lingkungan fisiknya.

Jadi perubahan teknologi berarti perubahan dalam pola tingkah manusia yang berhubungan dengan industri, transportasi, ilmu-ilmu dan seni ekstrasi. Seringkali diperluas lagi sampai pada ilmu-ilmu biologi seperti halnya pertanian dan pengobatan. Dapatlah dikatakan secara umum bahwa teknologi mencakup ilmu-ilmu terpakai. Percepatan kebudayaan tampak paling nyata dalam hubungan antara ruang lingkup dengan teknologi.

Sejuta tahun percepatan pada effisiensi alat potong

Percepatan yang nyata ini dapat dinyatakan menjadi istilah kuantitatip bila efisiensi alat potong diukur dengan lima criteria, yaitu :

  • Ketajaman dari sisi potong.
  • Daya tahan.
  • Diferensiasi dan spesialisasi.
  • Keefektipan alat dalam memotong benda.
  • Penggunaan tenaga pembantu.
  1. Percepatan penguasaan alam oleh manusia

Masa kebudayaan manusia prasejarah terbagi menurut benda dan teknik yang digunakan dalam membuat alat-alatnya. Jaman batu tua ditandai dengan peralatan dari batu yang diruncingkan secara primitip (chipping). Jaman batu, batu merupakan jaman peralatan dari batu yang diruncingkan dengan cara menggerindra. Jaman tembaga, kuningan, dan besi menunjukan bahan yang dipakai untuk membuat alat, dari jenis tenaga yang digunakan sebagai penggerak.

Di jaman batu tua, tenaga yang dipakai menggerakan alat sepenuhnya dari tenaga otot manusia. Alat pelempar tombak yang muncul pada jaman Magdalenia merupakan suatu alat lain untuk menambah tenaga bagi persenjataan saat itu. Penjinakan hewan dan perbudakan manusia merupakan perkembangan lebih lanjut dari masa tenaga otot.

Orang romawi kuno menggerakan roda gigi dengan memakai kuda, tenaga budak, dan mungkin juga tenaga air.

Sedangkan bangsa Anglo Saxons sebelum tahun 500 Masehi melakukan penggilingan biji-biji hasil pertaniannya dengan tenaga keledai.

Percepatan pada pertambahan umur manusia

Empat ribu tahun yang lalu di Yunani, ketika alat-alat besi menggantikan kedudukan alat-alat kuningan, panjang umur rata-rata setiap bayi yang lahir adalah 18 tahun. 2000 tahun kemudian di Romawi rata-ratanya 22 tahun, suatu pertambahan sekitar 0.02 tahun per 10 tahun.

Kroeber mengatakan bahwa ilmu pengetahuan berkembang secara alamiah. Tetapi bila ilmu pengetahuan berkembang maka berarti pertambahan percepatan akan terjadi pada setiap bidang ilmiah. Tidak hanya pada teknologi saja tetapi juga pada semua bidang kerja manusia dalam mencapai tujuannya.

  1. Percepatan kemampuan untuk membunuh dan merusak.

Percepatan dalam perluasan daerah pemusnahan.

            Ukuran kuantitatip yang paling cocok untuk kemampuan merusak dapat dilihat sejak masa pra sejarah. Disini akan digunakan istilah ‘record breaking range of projectiles’, yaitu jarak tempuh terjauh dari alat perusak, yang dapat merusak kehidupan, dari tempat peluncuran kesasaran. Istilah daerah pemusnahan berarti luas daerah maksimum dari kehidupan dan benda-benda di dalamnyayang rusak karena peluncuran alat tersebut.

Percepatan perkembangan pada alat bidik

            Disamping jarak kemampuan dari peluncur peluru untuk merusak, masih ada segi lainnya. Efektivitas dari peluncuran tersebut dapat diukur dengan faktor-faktor berikut :

  • Jarak tempuh dan luas daerah pemusnahannya
  • Ketelitian untuk mengenai sasaran
  • Banyaknya (dalam berat) peluru yang dapat dibawa dan ditembakkan pada suatu sasaran dalam waktu tertentu
  • Daya pemusnahan per ton peluru
  • Kecepatan dan faktor lain untuk mengatasi intersepsi.

 

Besarnya tonase yang dapat diluncurkan

            Dari 5 dimensi peluncuran yang merusak, kita telah membicarakan 2 hal yaitu : jarak dan bias daerah pemusnahannya serta ketelitian untuk mencapai sasaran. Dimensi ketiga adalah tentang banyaknya ton peluru yang dapat diarahkan pada sasaran.

Perkembangan dari daya bunuh peledak

            Dimensi keempat dari perusakan adalah daya pemusnahan dari setiap ton peledak. Sudah tentu maksudnya untuk membunuh dan menghancurkan. Jauh sebelum dunia ketentaraan mengenal TNT, ahli-ahli kimia telah mengembangkan jenis peledak seperti air raksa fulminate (tahun 1800), kapas letus (tahun 1838), dan gelatin letus (tahun 1875). Bahan-bahan ini mengungguli bahan-bahan peledak yang pernah dibuat sebelumnya.

Perang radiologi, kimia, dan bakteri

            Yang masih dekat dengan kemajuan pada bom atom dan hidrogen adalah pengembangan debu radioaktif, yang telah memperlihatkan kemampuan lebih dari bomnya sendiri. Bahkan bom Cobalt Hipotesis merupakan sejenis radioaktif yang mampu memusnahkan segenap kehidupan di dunia ini.

Kemampuan atas Intersepsi

            Empat faktor pertama sebagai ukuran kemampuan merusak dari benda-benda yang diledakkan, yaitu jarak, ketelitian mencapai sasaran, tonase dan daya ledak, menunjukan kecenderungan yang terus menaik. Faktor kelima adalah kemampuan untuk mengatasi intersepsi.

Akibat peperangan

Pada perang dunia I, pesawat Zeppelin menjatuhkan benda-benda ledak di London, dan pesawat-pesawat Sekutu menjatuhkan bom-bom di kota-kota negara Jerman. Akibatnya, setiap 3 dan 100.000 penduduk di kedua negara itu meninggal. Pada perang dunia II, bom-bom V mengakibatkan banyak kematian di kota-kota negara Inggris, dan pembom Sekutu menghancurkan kota-kota Jerman dengan bom TNT dan bom api. Akibatnya 300 dari setiap 100.000 penduduk meninggal.

  1. Mengapa terjadi percepatan perkembangan kebudayaan?

Pertama, telah ditunjukan bagaimana percepatan telah terjadi pada peningkatan effisiensi alat-alat potong yang berlangsung lebih dari 1 juta tahun.

Kedua, dibahas bagaimana percepatan terjadi pada kemampuan manusia menguasai lingkungan fisiknya.

Ketiga, telah diperlihatkan percepatan pada pertambahan kecepatan gerak manusia.

Keempat, diikhtisarkan percepatan pada pertambahan umur manusia.

Kelima, tentang ilustrasi dan percepatan non teknologi pada perubahan kebudayaan.

Keenam, telah diuraikan berbagai aspek dari percepatan kemampuan manusia untuk membunuh dan merusak.

Hal-hal yang diperbincangkan diatas tidaklah menunjukan pertambahan kemampuan manusia dalam mencapai tujuan kebendaannya.

Sifat Penemuan

Suatu hal nyata pada percepatan perkembangan kebudayaan adalah bahwa setiap penemuan merupakan kombinasi baru dari elemen-elemen lama. Sebagai contoh, sebuah pesawat terbang merupakan kombinasi dari layang-layang, kincir angin, motor bakar, seorang pilot dan atmosfir.

Pertambahan elemen yang dapat dikombinasikan

Penemuan-penemuan tertentu dapat merupakan sumber yang subur untuk penemuan-penemuan lain, misalnya api menyebabkan orang dapat memasak, memanaskan timah, mencairkan logam, membuat gelas dan mengembangkan berbagai reaksi kimia. Setiap penemuan ini di kemudian hari merupakan nenek moyang dan turunannya yang sangat banyak.

Penyebaran yang semakin cepat

Dengan adanya kemudahan dan cukupnya komunikasi, maka penyebaran berlangsung semakin cepat. Bertambah cepatnya perpindahan kebudayaan diperlihatkan dengan 3 contoh di bawah ini :

Tahun

Penemuan

Tingkat penyebaran

(mil pertahun)

16000 SM jambangan 0,23
1440 M percetakan 12, 50
1925 M Insulin 12.000

Tabel ini menunjukan bahwa pembuatan jambangan jaman Neolitikum awal, di Eropa, memakan waktu 400 tahun untuk menyebar sejauh 100 mil dari suatu masyarakat, ke masyarakat lain.

Penemuan semakin berdaya mampu

Ketika pesawat terbang diketemukan manusia telah menambah kecepatannya ratusan mil per jam. Ini lebih cepat dibandingkan dengan kecepatan manusia tak berkendaraan.

Cara penemuan yang semakin efisien

Ilmu pengetahuan merupakan pensistematisan dan peningkatan efisiensi dari proses yang dikerjakan. Prinsip dasar dicari dengan tujuan untuk mengurangi percobaan, mengkombinasikan hal yang tidak berguna.

Tinggalkan Sebuah Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: