Fachriars's Site

Depkominfo Kemakom IlkomUPI Bandung Majalengka

Perbedaan Corel Draw dengan Inkscape

Tulisan ini berawal ketika awal saya mengenal open source software. nahh saat itu saya membutuhkan software untuk mebuat gambar vektor, setelah saya bertanya pada teman saya yang sering menggunakan open source software ternyata dia biasa menggunakan inkscape, sedangkan saya biasa menggunakan corel draw..
Setelah saya cari-cari perbedaan antara keduanya, ternyata perbedaan corel draw dan inscape itu adalah :

1. tampilannya gak terlalu jauh dari CorelDRAW yang biasa dipake. Tampilannya sedikit menang di CorelDRAW, lebih modern. Tapi tampilan icon tools di Inkscape yang sedikit lebih gede sama sedikit lebih warna-warni jadi daya tarik sendiri..

2. Toolsnya kayanya gak terlalu jauh fungsinya sama CorelDRAW, cuman ada beberapa yang beda cara makenya. Sama istilah2nya sedikit beda. Misal kalo kita mau ngedit Rectangular jadi Curve (di CorelDRAW) di Inkscape beda lagi namanya, Path, sama cara makenya juga sedikit  beda.

Vector hasil bikinan di Inkscape (.svg) bisa dibuka di CorelDRAW. Nah, yang jadi masalah, vector hasil bikinan di CorelDRAW (.cdr) gak bisa dibuka langsung di Inkscape.

Semoga bermanfaat😀

Referensi : http://satucerita.wordpress.com/2009/02/19/coreldraw-14-vs-inkscape-046/

Tinggalkan Sebuah Komentar

